Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal Dengan Mudah

Akan menjadi sangat menarik sekali bagi petani sebab pasar terus berkembang, apalagi pemerintah juga secara agresif dalam memberikan dukungan melalui kampanye unggul bibit lele dan dengan dukungan melalui penelitian. Sehingga berbagai pusat mulai bermunculan dari berternak atau budidaya ikan lele disejumlah daerah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal dari berternak ikan lele ini tidak bisa dilakukan hanya dengan kegiatan subsisten saja. Ikan lele bisa hidup dalam kepadatan tebar tinggi serta rasio terhadap pertumbuhan yang sangat baik. Nah, bagi Anda yang ingin budidaya atau pun berternak ikan lele bisa simak artikel berikut ini tentang tips ternak ikan lele di kolam terpal.

Tips Ternak ikan lele di kolam terpal

Konstruksi kolam

Tahapan utama dalam berternak ikan lele adalah wadah ternaknya, baik kolam terpal atau pun kolam tanah, tetapi kali ini adalah tips ternak ikan lele dengan kolam terpal. Bagian dalam pada kolam terpal ini silakan Anda cuci dengan menggunakan sabun, hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan bau lem atau pun bahan kimia yang bisa membunuh benih ikan. Setelah itu, isi dengan air hingga 20 cm dan diamkan selama 1 minggu untuk proses pembentukan lumut serta berguna untuk pertumbuhan fitoplankyton.

Penebaran benih

Silakan Anda siapkan benih atau bibit ikan lelenya sebanyak 1.000 dengan ukuran 1.5 hingga 2 inch. Untuk ukuran kolam terpal 2 x 1 x 1 m, bila ternak yang dilakukan dalam kuota bersa, maka penebaran benih ikan lelenya bisa Anda akumulasikan dengan perbandingkan sesuai dengan ketentuan di atas. Benih yang akan ditebar ada baiknya Anda masukkan terlebih dahulu ke dalam wadah selama 20 menit agar benih bisa menyesuaikan dengan air pada kolam habitat. Penebaran benihnya ada baiknya Anda lakukan di saat pagi atau pun malam hari, sebab diwaktu tersebut kondisi airnya masih stabil.

Pengaturan kualitas air

Perlu Anda tahu bahwasannya air kolam akan berkurang, sebab proses penguapan maka harus ditambahkan air hingga pada tingat air kembali keposisi normal. Pada tingkat air 20 cm di bulan pertama, 40 cm di bulan kedua, dan 80 cm di bulan ketiga. Warna air yang paling bagus untuk ternak ikan lele ini adalah air yang berwarna hijau. Air berwarna hijau ini menujukkan bahwasannya kualitas airnya tersebut yang baik bagi ikan lele. Kemudian untuk pakan ikan lelenya bisa dilakukan 3 kali sehari, saat pagi, sore, dan malam hari.

Demikianlah tadi tips ternak ikan lele di kolam terpal yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.

Cara Ternak Ikan Lele di Kolam Terpal Dengan Mudah | admin | 4.5